29 Oktober 2018 | Andri - Redaksi | News

FAA Melarang Drone Mendekati Pangkalan Angkatan Laut

Lembaga regulator penerbangan sipil di Amerika Serikat, Federal Aviation Administration (FAA), mengeluarkan peringatan ketat terhadap drone yang terbang terlalu dekat dengan Naval Base Kitsap (Washington) dan Naval Submarine Base Kings Bay (Georgia). Peringatan ini untuk mengatasi kekhawatiran tentang operasi drone yang berpotensi membahayakan kedua pangkalan militer tersebut.

Disebutkan, Kitsap adalah salah satu fasilitas senjata nuklir strategis Angkatan Laut, sementara Kings Bay rumah kapal selam rudal nuklir negara. Secara khusus FAA juga membatasi penerbangan pesawat tanpa awak di dekat kapal Angkatan Laut AS dan Penjaga Pantai AS yang beroperasi di pangkalan.

FAA mengatakan, drone harus menjaga jarak minimal 3.000 kaki secara lateral dan 1.000 kaki secara vertikal dari kapal-kapal itu. Dan jika operator tidak mematuhi, kapal-kapal itu diberi wewenang oleh hukum untuk mengambil tindakan protektif. Dengan kata lain, Angkatan Laut dapat secara legal merebut dan menghancurkan. Operator manusia juga dapat dikenakan hukuman perdata dan dakwaan pidana.

Dalam keterangannya juga, FAA sangat menyarankan agar tidak terbang dekat fasilitas Departemen Energi dan Departemen Pertahanan dan kapal-kapal pada umumnya. Agensi-agensi tersebut juga diberi wewenang untuk merebut drone atau menembak jatuh jika merasa perlu untuk mengambil tindakan protektif.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar