06 November 2018 | Denny - Redaksi | News

Mengenal Lecoo, Toko Tanpa Kasir Milik Lenovo

Toko tanpa kasir Lecoo dari Lenovo

Perusahaan pembuat komputer,Lenovo, mengikuti jejak Alibaba, JD dan Amazon dengan membuka toko kelontong tanpa kasir pada pekan lalu di Beijing, China. Toko ini diberi nama Lecoo Unmanned Store atau cukup hanya Lecoo saja. Di sini pengunjung bisa membeli makanan, minuman dan kudapan kecil.

Agar bisa masuk ke dalam Lenovo Lecoo, pengunjung harus melambai ke arah tablet dengan kamera, yang sudah dilengkapi dengan teknologi sistem pengenalan wajah untuk mengidentifikasi profil akun mereka.

Kemudian, sama seperti sistem Amazon Go, para pelannggan lalu akan bisa mengambil barang yang mereka inginkan dan keluar begitu saja. Biaya dari barang-barang yang mereka beli akan secara otomatis dipotong dari akun mereka.

Untuk sementara toko kelontong Lecoo utamanya hanya akan menjual makanan. Memang banyak perusahaan teknologi China yang membuat perangkat akhirnya memutuskan untuk membuka toko tanpa kasir yang menjual kudapan. Misalnya, toko Hema milik Alibaba menjual berbagai jenis minuman dan makanan laut yang masih segar, begitu pula toko JD yang menjual keripik dan dendeng.

Lenovo berkata, mereka menggunakan toko ini sebagai "program percobaan" untuk mencoba teknologi baru mereka, termasuk untuk memperbaiki sistem pengenalan wajah pada ponsel dan smartphone mereka. Jadi meskipun menjual makanan terdengar aneh untuk dilakukan oleh sebuah perusahaan teknologi, pada akhirnya semua ini saling berhubungan.

Ke depan, Lenovo juga berharap akan bisa menambahkan fitur yang memungkinkan konsumen langsung memesan ke toko dan barang belanjaannya akan diantarkan ke rumah atau mesin pembuat kopi yang bisa tahu kopi favorit pembeli.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar