05 Desember 2018 | Andri - Redaksi | News

Nokia Mendorong Smart Home di Thailand dengan Mesh Wi-Fi

Provider broadband AIS Fiber yang berbasis di Thailand menggandeng Nokia untuk bekerjasama menyediakan mesh Wi-Fi guna memfasilitasi penciptaan lingkungan smart home di negara tersebut. Nokia dinilai dapat memberikan solusi Wi-Fi yang andal dalam menciptakan mesh network yang bebas dead spot dan memberikan pengalaman ultra-broadband tanpa batas di setiap sudut rumah.

Diketahui AIS Fiber adalah provider internet broadband berkecepatan tinggi pertama di Thailand yang menawarkan akses Fiber murni ke rumah dan bangunan tempat tinggal. Di kesempatan ini, AIS Fiber menyampaikan komitmennya untuk menciptakan smart home secara digital serta memberikan pengalaman hidup digital kepada orang Thailand.
 
"Kami ingin tumbuh bersama dengan mitra bisnis kami di semua bidang seperti penyedia konten, bisnis real estate, pembangun desa dan kondominium, termasuk pemerintah dan lembaga swasta untuk menciptakan peluang baru dari teknologi Fixed Broadband dengan semua sektor dalam masyarakat Thailand," kata AIS Fiber dalam sebuah pernyataan.

Dijelaskannya, banyak rumah di Thailand yang menghadapi kinerja Wi-Fi yang buruk. Di mana kecepatan dan keandalan dipengaruhi oleh jumlah perangkat yang terhubung dan adanya interfensi dari peralatan seperti oven microwave atau jaringan Wi-Fi dari tetangga. Belum lagi jangkauannya yang tak memadai karena adanya dead zones yang disebabkan dinding dalam ruangan. Memecahkan masalah ini cukup sulit, sehingga seringkali membutuhkan beberapa access point untuk dipasang.

Nah, di sinilah peran Nokia untuk dapat mengatasi tantangan jaringan ini dengan solusi Nokia WiFi Beacon 3 yang secara otomatis menghubungkan perangkat ke channel terkuat untuk memungkinkan konektivitas tanpa cela. Selain itu, software yang disematkan dan fungsi analitik di Beacon secara otomatis memperbaiki diri dan mengoptimalkan pengalaman Wi-Fi.

Dengan adanya Nokia WiFi Beacon 3, kini pelanggan AIS Fiber dapat membuat jaringannya aktif dan berjalan dalam beberapa menit dengan mengunduh aplikasi seluler dan mengikuti proses pemasangan yang dipandu. Setelah jaringan selesai, pelanggan dapat menggunakan aplikasi seluler untuk melihat representasi visual termasuk heat map untuk mencari dan mengelola dead zones dan mengidentifikasi tempat yang tepat untuk menambahkan access point baru untuk mengisi kesenjangan jangkauan. Pelanggan juga dapat mengakses daftar perangkat dan kemampuan manajemen untuk membuat jaringan tamu dan pengaturan keamanan khusus.

Disampaikan Head of Fixed Broadband AIS, Saran Phaloprakarn, untuk memberikan layanan end-to-end yang hebat, operator perlu memastikan pengalaman broadband yang konsisten dapat dicapai di rumah. "AIS Fiber adalah operator pertama di dunia yang secara komersial meluncurkan solusi mesh Wi-Fi inovatif Nokia. Ini tentunya menjadikan perusahaan sebagai pencipta standar baru di jaringan Wi-Fi rumah," kata Saran.

Sementara itu, Presiden Nokia Fixed Networks Business Group, Federico Guillén mengatakan, "Solusi Nokia Wi-Fi secara unik menjawab kebutuhan pelanggan akan pengalaman Wi-Fi yang lebih baik sambil memberikan alat dan visibilitas penyedia layanan yang dibutuhkan untuk menyelesaikan masalah dengan cepat dan meningkatkan loyalitas pelanggan."



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar