05 Desember 2018 | Andri - Redaksi | News

NYPD Mulai Gunakan Drone untuk Tingkatkan Keamanan Kota

Departemen Kepolisian New York (NYPD) mengumumkan peluncuran program drone terbarunya. Ini merupakan yang pertama sejak departemen memutuskan untuk mengakhiri program percontohan kendaraan udara tanpa awak pada 2011.

Pihak NYPD menyebutkan akan menggunakan koleksi drone 14 in all untuk misi pencarian dan penyelamatan, mendokumentasikan peristiwa kejahatan, insiden hazmat (Hazardous Material), acara besar seperti konser dan situasi penyanderaan.

"Sebagai departemen kepolisian kota terbesar di Amerika Serikat, NYPD harus selalu bersedia memanfaatkan kecanggihan teknologi baru dan selalu meningkatkan penggunaannya," kata Komisaris Polisi James O'Neil. Lalu menurutnya, program drone merupakan bagian dari evolusi yang memungkinkan petugas kepolisian menjadi lebih responsif dalam menjalankan tugasnya melayani masyarakat. "Ini membuat kami dalam melaksanakan pekerjaan penting NYPD menjadi lebih efektif, efisien dan aman untuk semua orang."

Saat ini NYPD telah memiliki tiga model drone. Pertama, DJI Inspire 1 yang akan digunakan untuk pelatihan dan pengujian. Kemudian DJI M210 RTK drone dan 11 DJI Mavic Pro untuk operasi taktis.

Petugas yang diizinkan untuk menggunakan drone hanyalah anggota dari Technical Assistance Response Unit yang terlatih dalam penggunaan perangkat. Dipastikan, drone tidak boleh digunakan untuk patroli rutin, penegakan lalu lintas, melumpuhkan kendaraan atau tersangka, serta untuk dilengkapi senjata dan pencarian tanpa izin.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar