Kartu Pembayaran Biometrik Contactless Diuji Bank di Italia

Penyedia keamanan digital Gemalto, mengumumkan tengah melakukan uji coba solusi kartu pembayaran Mastercard biometrik contactless dengan grup perbankan terbesar di Italia yaitu Intesa Sanpaolo. Berdasarkan keterangan, ini merupakan tes yang pertama kalinya dilakukan oleh perusahaan pembayaran Eropa.

Gemalto mengatakan kartu EMV (Europay, MasterCard, dan Visa) yang diujikan didukung oleh terminal, ini memungkinkan pelanggan dalam bertransaksi cukup dengan men-tap kartu ke terminal POS dan mengesahkannya dengan sidik jari. Jadi teknologi terbaru ini tidak lagi menggunakan PIN ataupun tanda tangan dalam melakukan transaksi pembayaran menggunakan kartu kredit.

Menurut Manajer Ritel Intesa Sanpaolo, Cinzia Bruzzone, penggunaan kartu pembayaran contactless biometrik merupakan strategi transformasi digital bank. Pihaknya pun merasa bangga menjadi yang pertama dalam memperkenalkan teknologi kartu biometrik contactless kepada konsumen. "Proyek percontohan Intesa Sanpaolo dan MasterCard dicapai dengan dukungan Mercury Payment System dengan memanfaatkan teknologi Gemalto sebagai penyedia teknologi di balik kartu biometrik dan alat yang diperlukan untuk menyimpan sidik jari pada chip," ujar Bruzzone.

Proyek percontohan ini telah dimulai sejak 26 November dan rencananya akan beroperasi di Turin, Milan dan Roma selama 16 minggu. "Konsumen dengan cepat mengenali kekuatan dari pengkombinasian teknologi contactless dan biometrik dalam memberikan kenyaman dan transaksi yang lebih aman," jelas Bertrand Knopf, Executive VP Banking and Payment Gemalto.

Leave a Comment


Send Comment