Share

Pasukan penjinak bom tidak perlu lagi mempertaruhkan nyawanya setiap kali ada bom yang harus dilucutinya, pasalnya pekerjaan tersebut dapat dilakukan dengan bantuan robot yang dapat dikontrol jarak jauh. Untuk itu, Kementerian Pertahanan Inggris telah memesan jenis robot ini untuk menjalankan tugas-tugas penjinakan bom.

Menurut Kementerian Pertahanan Inggris, Angkatan Darat telah menerima empat robot canggih yang dapat melucuti bom. Berbeda dengan robot bom lainnya, mesin ini dibekali dengan advanced haptic feedback yang memungkinkan operator yang menjalankan robot dapat merasakan apa yang dipegang atau disentuh tangan mekanik robot melalui hand grip yang dikendalikan jarak jauh.

Selain haptic feedback, robot tak berawak bernama T7 juga dilengkapi kamera HD dan tapak semua medan. Keempat robot yang diterima ini pun hanyalah sebagian kecil dari apa yang sudah dipesan oleh militer Inggris. Robot-robot ini akan diuji terlebih dahulu secara intensif selama delapan minggu di Inggris dan AS dengan serangkaian misi melewati medan perang, serta tugas angkat berat dan ketangkasan, termasuk tes-tes lainnya.

Defence Explosive Ordnance Disposal Chief, Kolonel Zac Scott, menyebutkan T7 telah dilengkapi teknologi mutakhir untuk memberikan para operator EOD tingkat mobilitas dan ketangkasan yang belum pernah terjadi sebelumnya. "Ini merupakan langkah perubahan untuk meningkatkan kemampuan personel dalam menyelamatkan nyawa," ujar Scott langkah-perubahan dalam kemampuan bagi personel layanan kami dan itu akan menyelamatkan nyawa."

Scott dan timnya diperkirakan akan menerima 52 mesin lagi sebagai bagian dari kontrak militer senilai £55 juta (US$ 70 juta).

#Businness  #Article

Related Articles

News Card image cap
  denny  9 June 2018
 9 June 2018
News Card image cap
  denny  31 January 2019
 31 January 2019
© 2019 Indo Security System. All Rights Reserved.