27 Desember 2018 | Andri - Redaksi | News

Seragam 'Smart' Melacak Siswa Sekolah yang Membolos

Dalam upaya meminimalisir siswa bolos sekolah dan meningkatkan kehadiran, sekolah-sekolah di China telah melengkapi siswa-siswinya dengan seragam sekolah "smart" bertenaga chip yang dapat melacak keberadaan siswa.

Menurut salah satu kepala sekolah di provinsi Guizhou, seragam sekolah smart atau pintar telah diluncurkan November lalu. Seragam yang ditanamkan sebuah chip ini disebutnya tidak hanya memantau lokasi siswa tetapi juga dapat merekam siswa saat keluar dan masuk sekolah. "Ketika siswa memasuki sekolah, seragam smart akan membantu mengambil foto atau video siswa," jelas kepala sekolah Ran Ruxiang.

Lebih lanjut dikatakan, sekitar 1.400 siswa yang ada, lebih dari setengahnya telah menggunakan seragam smart. Dan setidaknya, lebih dari 10 sekolah di Guizhou dan Guangxi yang bertetangga telah mengadopsi teknologi ini.

Melengkapi keterangan Ran, Kepala Sekolah lainnya, Lin Zongwu, menyebutkan alarm suara akan aktif bila siswa keluar dari sekolah tanpa izin. Dipasangkan dengan perangkat pengenal wajah yang dipasang di pintu sekolah, seragam smart juga dapat merasakan jika siswa bertukar seragam. "Kami memilih untuk tidak memeriksa lokasi akurat siswa setelah sekolah, tetapi ketika siswa hilang dan tidak masuk kelas, seragam membantu menemukan mereka," kata Lin.

Namun sejauh ini, tidak jelas seberapa efektif seragam smart dalam mencegah siswa dari aksinya membolos. Dijelaskan Ran, seragam berteknologi tinggi ini memang membantu meningkatkan kehadiran siswa, tetapi tidak banyak. Menurutnya, pihak sekolah menerapkan seragam sekolah ini lebih diutamakan untuk mengirim pemberitahuan dan pekerjaan rumah kepada siswa melalui aplikasi yang terhubung dengan chip pada seragam.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar