10 Januari 2019 | Andri - Redaksi | News

Motiv Bakal Membekali Cincin Pintarnya untuk Otentikasi Pembayaran

Perusahaan teknologi waerable, Motiv, berencana menambahkan fitur keamanan detak jantung ke cincin pintar besutannya untuk otentikasi pembayaran. Selama ini, cincin pintar Motiv bekerja untuk mengukur detak jantung untuk keperluan melacak kebugaran dan aktivitas olahraga seseorang.

Berdasarkan keterangannya di CES 2019, pembaruan perangkat lunak pada semester kedua tahun ini akan memungkinkan detak jantung dijadikan sebagai otentikasi identitas layaknya sidik jari. Setelah identitas diverifikasi, cincin dapat berkomunikasi dengan terminal pembayaran atau point-of-sales untuk mengesahkan pembayaran.

Perangkat ini bekerja berdasarkan teori bahwa jantung semua orang mengeluarkan sinyal unik dalam detak jantung. Motiv akan menggunakan electrocardiography (EKG) untuk mengukur detak jantung agar dapat memverifikasi identitas seseorang dan memperluas fungsionalitas cincin untuk mendukung otentikasi dua faktor dan biometrik dengan pengenalan gerakan sesuai dengan protokol FIDO2 dan WebAuthn untuk login bebas kata sandi ke akun online.

Sebelumnya, perusahaan ini juga pernah mempertimbangkan menggunakan cara seseorang berjalan sebagai metode otentikasi yang disebut WalkID. Tapi tampaknya pelacakan detak jantung ini bisa menjadi metode keamanan yang jauh lebih nyaman. Pertanyaan terbesar adalah seberapa akurat pelacakan detak jantung, dan apakah sistem ini dapat dipengaruhi dengan olahraga atau penyimpangan jantung lainnya.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar