25 Januari 2019 | Andri - Redaksi | News

Hyundai Kembangkan Airbag untuk Multi Tabrakan

Sistem keamanan pada kendaraan roda empat memang telah menjadi perhatian Hyundai dalam mendesain sebuah mobil. Terbaru dari produsen mobil asal Korea Selatan ini adalah tengah mengembangkan dan berniat mengkomersilkan sistem airbag multi-collision untuk memberikan perlindungan pada pengemudi bila terjadi tabrakan mobil.

Pada dasarnya, sistem airbag multi-collision bekerja layaknya airbag normal yang menggembung ketika tabrakan terjadi untuk mencegah cedera pengemudi mobil. Nah, uniknya dari sistem airbag ini akan menggunakan beberapa airbag yang akan digunakan pada tabrakan kedua, dan selanjutnya.

Teknologi ini mengandalkan pendeteksian pergerakan pengemudi selama dan sesudah kecelakaan tabrakan pertama terjadi. Jumlah penggunaan airbag akan ditambah yang penyebarannya akan disesuaikan dengan posisi seseorang untuk mengurangi cedera yang terjadi dalam kecelakaan kedua.

Kepala Pusat Teknologi Chassis dari Hyundai Motor Group, Taesoo Chi, mengatakan dengan meningkatkan kinerja airbag dalam skenario multi tabrakan, diharapkan dapat secara signifikan meningkatkan keselamatan pengemudi dan penumpang. "Kami akan melanjutkan penelitian kami pada situasi kecelakaan yang lebih beragam sebagai bagian dari komitmen kami untuk memproduksi kendaraan yang lebih aman yang melindungi penumpang dan mencegah cedera."

Menurut penelitian Hyundai, mobil yang melintasi garis tengah jalan berpeluang besar mengalami tabrakan berkali-kali, begitu pula bila berhenti mendadak di jalan tol dan ditabrak dari samping. Selain itu, disebutkan tiga dari setiap 10 tabrakan menimbulkan tabrakan tambahan dengan objek lain. Jadi Hyundai mengembangkan sistem airbag ini dengan harapan dapat melindungi pengemudi di luar serangan pertama.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar