Verily Kembangkan Sepatu Pintar untuk Mendeteksi Manula Jatuh

Anak perusahaan dari Alphabet, Verily, tampaknya tidak hanya berhenti berinovasi pada pengembangan teknologi yang berorientasi pada kesehatan saja. Sumber di CNBC menyebutkan perusahaan tersebut tengah mengembangkan prototipe sepatu pintar yang dapat mengukur gerakan dan berat, serta dapat mendeteksi kapan penggunanya jatuh.

Sepatu yang dikembangkannya ini bukanlah sepatu kebugaran, tetapi sebaliknya untuk melacak kenaikan berat badan yang cepat (tanda gagal jantung kongestif) atau mengirim peringatan ketika orang yang mengenakan sepatu ini akan terjatuh ke tanah. Nah, fungsi kedua ini tentunya sangat membantu orang-orang yang memiliki masalah mobilitas tetapi masih menginginkan kemandirian, seperti manula misalnya.

Masih belum dapat dipastikan apakah Verily mampu mewujudkan idenya ini. Namun diketahui, Verily saat ini sedang mencari rekan kerja untuk mengembangkan sepatu tersebut dan telah mengadakan pertemuan pribadi untuk menyampaikan gagasannya ini.

Perlu diketahui, Verily sebelumnya dikenal sebagai Google Life Sciences, tetapi pada 2015 ia menjadi perusahaan terpisah di bawah perusahaan induk Google, Alphabet. Perusahaan telah merekrut puluhan insinyur, ilmuwan, dan pakar kesehatan ke jajarannya. Dan sejauh ini, Verily telah menemukan keberhasilan dalam bekerja sama dengan perusahaan besar untuk mengembangkan dan berpotensi mengkomersialkan ide-ide proyeknya.

Selain sepatu, Verily sedang mengerjakan beberapa proyek perangkat keras lainnya, termasuk sendok penstabil untuk membantu orang dengan gangguan gerakan makan, jam tangan pintar untuk upaya penelitian klinisnya, dan lensa kontak "pintar" untuk penglihatan jauh terkait usia atau meningkatkan penglihatan setelah operasi katarak.

Leave a Comment


Send Comment