Share

Teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) pada mobil otonom dilaporkan bermasalah. Dikutip ExtremeTech, AI mobil otonom tidak mampu mendeteksi pejalan kaki, terutama yang memiliki kulit gelap. Penemuan kendala yang menimbulkan risiko keselamatan tersebut berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Georgia Tech.

Studi Georgia Tech mengungkap ketimpangan prediktif mengenai pejalan kaki, sehingga para peneliti telah mengamati tingkat kesalahan yang lebih tinggi untuk beberapa aspek. Mereka mengatur penelitian dengan menggunakan delapan sistem AI berbeda dan bekerja dengan sekelompok gambar orang-orang dari berbagai jenis warna kulit.

Gambar dibagi menjadi kategori kulit terang dan gelap menggunakan Fitzpatrick Scale, yang membentuk enam tipe warna kulit (1 paling terang, 6 lebih gelap). Ini digunakan untuk berbagai penelitian, seperti seberapa banyak paparan sinar UV.

Para peneliti memulai penelitian setelah pengamatan bahwa sensor, kamera, dan software melakukan pekerjaan yang lebih baik dalam mendeteksi orang dengan warna kulit terang. Kemudian mereka menjalankan tes berbasis lab daripada langsung di dunia nyata. Artinya, para peneliti tidak merekrut sukarelawan yang mewakili enam warna kulit. Mereka hanya melatih software dengan gambar orang.

Hasilnya adalah akurasi pengenalan untuk gambar orang berkulit gelap adalah 5 persen lebih rendah dibandingkan dengan gambar orang berkulit terang. Inilah latar belakang tentang warna kulit dan mengapa penelitian dilakukan.

Meski demikian, baru-baru ini sistem mutakhir yang dirancang oleh banyak konglomerat teknologi terus menghadapi pengawasan untuk perilaku sistem pengenalan wajah. Software prediksi gender komersial telah terbukti memiliki akurasi yang jauh lebih buruk pada wanita dengan tipe kulit Fitzpatrick 4-6 dibandingkan dengan kelompok lain.

Related Articles

News Card image cap
  andri  8 March 2019
 8 March 2019
CCTV Card image cap
  denny  29 May 2017
 29 May 2017
Access Control Card image cap
© 2019 Indo Security System. All Rights Reserved.