15 Maret 2019 | Andri - Redaksi | News

Kota Tel Aviv Pasang Lampu Trotoar Baru untuk Melindungi Pecandu Ponsel

Pemerintahan kota Tel Aviv, Israel, telah memasang lightstrips LED di permukaan tanah yang bertujuan untuk meminimalkan kendaraan dan pejalan kaki yang kurang perhatian di persimpangan jalan. Lightstrip atau lampu trotoar yang bisa berubah warna hijau dan merah ini dipasang di simpang penyeberangan untuk mengingatkan pejalan kaki yang asyik dengan ponsel untuk menghentikan langkahnya dan lebih memperhatikan jalan.   

Langkah kecil yang dilakukan ini untuk menjaga para pecandu gadget atau 'smartphone zombies' yang kerap di jalan kurang memperhatikan jalan tetapi lebih memperhatikan layar ponselnya sehingga terkadang membuat mereka dalam bahaya.

Kepala Divisi Manajemen Lalu Lintas di Kota Tel Aviv-Yafo, Tomer Dror, mengatakan lightstrips LED bertujuan untuk meminimalkan kecelakaan antara kendaraan dan pejalan kaki yang lalai di persimpangan jalan. "Kita tidak bisa memaksa mereka untuk mengalihkan pandangan dari smartphone ke jalan. Kita perlu menemukan cara untuk menempatkan jalan ke mata mereka," katanya.

Untuk saat ini, lampu-lampu peringatan ini masih sebatas di persimpangan tunggal di pusat Tel Aviv. Namun, pemerintah kota berniat akan memperluas lampu ini jika terbukti efektif. Di mana sistem serupa ini juga telah digunakan di  Australia, Singapura dan Belanda.

Sejauh ini, warga yang kecanduan smartphone sepertinya menyambut baik keberadaan lampu yang dapat berwarna hijau ketika aman untuk berjalan, dan merah ketika pejalan kaki harus berhenti ini.

"Menurut saya, ini sesuatu yang luar biasa," kata warga Tel Aviv, Shai Levi. "Sebagai seseorang yang kecanduan ponsel dan sepanjang hari dengan kepala selalu terpaku di layar, saya pikir itu bisa mengurangi jumlah kecelakaan."

Haley Danino, pejalan kaki lain, juga menyebutnya ide bagus yang akan menyelamatkan nyawa. "Tapi ini agak menyedihkan, bukan?" Katanya. "Kita semua melihat ke bawah sepanjang waktu."



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar