13 Mei 2019 | Andri - Redaksi | News

Beginilah AIoT Membantu Menyelesaikan Berbagai Masalah Pengguna

Teknologi artificial intelligence (AI) dan Internet of Things (IoT) bukanlah hal yang baru lagi karena sudah dirasakan manfaatnya dalam membantu memecahkan berbagai masalah. Bahkan di Secutech tahun ini, aplikasi unik dari apa yang disebut "AIoT" telah turut dipamerkan.

Sekarang ini, IoT telah menjadi dasar dari berbagai solusi dan menjadi semakin dominan dari sebelumnya. Bahkan, menurut statistik Gartner, jumlah perangkat IoT yang aktif diperkirakan akan tumbuh menjadi 10 miliar pada tahun 2020 dan 22 miliar pada tahun 2025. Ini menunjukkan popularitas IoT akan meningkat hanya dalam waktu yang singkat.

Dengan IoT, berbagai solusi menjadi semakin pintar, mulai dari rumah pintar hingga kota pintar. Keamanan, juga dapat memanfaatkan IoT. Salah satu contohnya adalah solusi signage digital Neovo yang dapat diintegrasikan dengan berbagai perangkat yang terhubung, misalnya panic button. "Jika terjadi keadaan darurat, seperti kebakaran, yang perlu dilakukan pengguna adalah menekan tombol yang kemudian akan mengaktifkan semua papan signage digital di arena dengan menampilkan pesan yang mengatakan sesuatu telah terjadi," kata Ketty Wu, Deputi Manager Neovo.

Digital signage Neovo adalah solusi berbasis cloud dimana kontrol setiap papan dapat dilakukan dari jarak jauh. "Ini juga bisa bermanfaat untuk ritel, seperti supermarket yang dapat menulis pesan tentang produk yang cocok untuk cuaca saat ini di papan digital signage. Operator pun dapat mengontrol masing-masing papan dan mengendalikannya secara individu," lanjut Wu.

Sementara itu, AI telah menjadi teknologi yang banyak digunakan saat ini. Bahkan menurut Allied Market Research, besaran pasar kecerdasan buatan secara global diperkirakan akan mencapai US$ 169,4 miliar pada tahun 2025, tumbuh pada tingkat pertumbuhan tahunan gabungan 55,6 persen dari 2018 hingga 2025.
  
AI dalam bentuk pengenalan wajah atau algoritma canggih lainnya pun menjadi sorotan di Secutech karena penyedia solusi menampilkan bagaimana ia dapat mengatasi berbagai kebutuhan pengguna, beberapa yang terkait keamanan dan beberapa di luar keamanan.

Coretronic, misalnya, menawarkan solusi drone di mana drone perusahaan dapat membantu memantau area yang luas atau memeriksa bangunan tertentu. Drone dilengkapi dengan teknologi AI untuk mencegah kecelakaan terjadi. Senior Project Manager Coretronic, KB Hsu, menyebutkan penting bagi pengguna beberapa drone untuk menjaga pesawat tanpa awaknya ini tidak saling menabrak satu sama lainnya saat mengudara. "Drone dilengkapi dengan kamera dan radar, dan data yang mereka hasilkan dapat diproses dengan AI untuk memastikan mereka tidak saling menabrak," ujar Hsu.

Perusahaan lain yang menampilkan aplikasi AI adalah Hunt, penyedia solusi pengawasan video yang kini mulai bergerak ke sektor transportasi, terutama transportasi kereta api. Perusahaan ini membuat kamera IP berkinerja tinggi yang kokoh untuk pemantauan di kereta dan di sepanjang rel. Produk-produk onboard ini tahan terhadap getaran dan pergantian daya secara konstan. Produk sepanjang rel dilengkapi dengan housing stainless steel untuk menahan korosi atau kotoran.

Namun, selain dari itu, Hunt memiliki AI yang tertanam di setiap kamera untuk meningkatkan keamanan serta operasi. Misalnya, kamera dapat mendeteksi ketika konduktor kereta lelah, dan akan membunyikan sirene atau mengingatkan pusat komando segera. Atau, kamera dapat menghitung orang dan memberi tahu mobil mana yang memiliki lebih banyak penumpang dan yang sedikit, sehingga memungkinkan operator untuk menyesuaikannya.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar