15 Mei 2019 | Denny - Redaksi | News

Kota San Fransisco Haramkan Teknologi Pengenalan Wajah, Ini Alasannya

Ilustrasi

Pemerintah San Fransisco resmi melarang teknologi pengenalan wajah yang digunakan oleh penegak hukum dan agen pemerintahan lainnya. Hal tersebut menandakan semakin meningkatnya reaksi yang keras teknologi yang kini sedang populer diterapkan di seluruh Amerika Serikat tersebut.

Pada Selasa lalu, Dewan Pemerintah San Fransisco telah memberi suara 8 berbanding 1 untuk untuk mendukung peraturan yang melarang pemerintah kota untuk menggunakan teknologi pengenalan wajah. Namun mereka juga ingin menerapkan langkah-langkah pengawasan terhadap penggunaan sistem surveilans oleh pemerintah seperti contohnya kamera tubuh dan pembaca pelat nomor kendaraan. Akan ada pemungutan suara kedua pada RUU tersebut, meskipun sebagian besar dianggap formalitas.

RUU bertajuk Stop Secret Surveillance Ordinance, merupakan yang pertama dari jenisnya untuk mendapatkan persetujuan di AS. Pengkajian larangan serupa juga sedang dilakukan di Oakland, California, dan Somerville, Mass. Kota-kota tersebut bisa jadi pengikut San Francisco mengharamkan teknologi pengenalan wajah.

Hanya saja, pelarangan ini akan berlaku pada institusi pemerintah, sehingga tak berpengaruh pada bisnis swasta yang menggunakan teknologi pengenalan wajah dan juga penegak hukum federal yang bekerja di San Fransisco. Pelarangan tersebut juga tidak berlaku di Bandara Internasional San Fransisco, karena seluruh teknologi pengenalan wajah yang ada di sana kebanyakan dijalankan oleh pemerintah pusat.

"Kecenderungan teknologi pengenalan wajah untuk membahayakan hak-hak sipil dan kebebasan sipil secara substansial sudah melebihi manfaat aslinya. Teknologi ini akan memperburuk ketidakadilan rasial dan mengancam kemampuan kita untuk hidup bebas dari pemantauan pemerintah yang berkelanjutan," kutip salah satu bunyi peraturan.

Selain itu, RUU Stop Secret Surveillance Ordinance, mewajibkan masukan dan persetujuan dari publik sebelum sebuah institusi pemerintah menerapkan teknologi pengawasan seperti kamera tubuh, teknologi biometrik, pembaca plat nomor dan perangkat lunak prediktif khusus kepolisian.

Sebelumnya, kota-kota lain di negara bagian California telah mengadopsi ketentuan pengawasan serupa, tetapi San Fransisco adalah kota pertama yang memutuskan bagi setiap institusi pemerintah yang "memperoleh, menyimpan, mengakses atau menggunakan" teknologi pengenalan wajah adalah sebuah tindakan ilegal.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar