Share

Dalam akses kontrol, biometrik telah menjadi faktor penting untuk menetapkan identitas seseorang. Solusi biometrik, saat ini di pasaran tersedia dalam bentuk pemindaian sidik jari, pemindaian iris dan pengenalan wajah. Di antara ketiganya, pengenalan wajah yang penggunaan cukup luas karena berbagai manfaatnya.

Dalam sebuah postingan blog Umbrella Technologies, menyebutkan bahwa pengenalan wajah dapat dimanfaatkan untuk menganalisis karakteristik wajah seseorang berdasarkan gambar yang direkam pada kamera video surveillance. Lalu, komponen keamanan ini memberikan peringatan dan feedback dengan segera. "Fasilitas komersial apa pun yang mencari cara terbaik untuk meningkatkan keamanan dapat menemukan solusi yang tepat dengan mengintegrasikan pengenalan wajah, ideal untuk diterapkan di gedung perkantoran, rumah sakit, apotik, dan banyak lagi."

Postingan tersebut juga menyebutkan lima cara bagaimana pengenalan wajah dapat membantu mengamankan fasilitas komersial, berikut ini rangkumannya.  

Integrasi dengan Sistem Video Surveillance

Digunakan di area-area utama seperti pintu masuk atau lobi check-in, pengenalan wajah bisa menjadi aset yang penting ketika diintegrasikan ke dalam sistem pengawasan video yang ada. Perangkat lunak pencocokan wajah dengan mudah akan menangkap identitas pelaku yang ditargetkan. Melalui database gambar wajah yang sebelumnya disimpan, pengguna dapat mengategorikan wajah-wajah dalam database berdasarkan kebutuhan identifikasi pengguna. "Ini bagus untuk ditempatkan di area yang ramai atau kerumunan dengan pergerakan yang konstan, seperti sekolah, bandara, pusat perbelanjaan, dan stadion."

Menggabungan dengan Akses Kontrol

Postingan tersebut juga menyebutkan, teknologi identifikasi wajah hari ini dapat digunakan sebagai sistem entri untuk menggantikan fob atau kartu. Melalui penggunaan database dengan gambar yang disimpan sebelumnya, perangkat lunak pengenalan wajah secara real-time mampu memberikan atau menolak akses ke area pribadi dan juga mendeteksi individu yang tidak sah. "Melalui pengenalan wajah dimungkinkan untuk validasi identifikasi dengan cepat dan akurat. Pada akhirnya, meningkatkan keamanan dan efisiensi proses check-in di berbagai fasilitas komersial."

Metode Pelayanan Pelanggan
 
Penggunaan perangkat lunak pengenalan wajah memungkinkan algoritma dalam sistem keamanan untuk mengirimkan peringatan ketika mengidentifikasi individu tertentu berdasarkan daftar yang telah ditentukan sebelumnya. Sistem ini dapat memberi sinyal keberadaan pengutil atau kecenderungan perusuh, serta mengenali pelanggan VIP yang mungkin ingin disambut. Seiring dengan itu, teknologi ini pada akhirnya dapat menghemat waktu transaksi dan mengarah ke pembayaran berbasis wajah.

Akuntabilitas Karyawan
 
Menurut posting tersebut, manfaat signifikan dari teknologi pengenalan wajah adalah pelacakan waktu kehadiran. Ini mencegah penipuan waktu kerja oleh karyawan, karena setiap orang harus melewati perangkat pemindaian wajah untuk masuk dan keluar kantor. Menurut postingan, meskipun penting bagi para pemimpin perusahaan untuk memercayai karyawannya, mereka harus tetap waspada terhadap kemungkinan perilaku karyawan yang buruk. "Penipuan waktu adalah salah satu pelanggaran etika kerja yang paling umum, dan untungnya identifikasi wajah dapat sepenuhnya mencegah hal itu."

Manajemen Pengunjung
 
Pengenalan wajah adalah salah satu cara untuk menciptakan kesan pertama yang bagus untuk pengunjung dan tamu, kata posting itu. Proses check-in pengunjung dilakukan dengan cepat dan sederhana, menghindari semua jenis antrian dan ketidaknyamanan. "Gedung beserta fasilitasnya akan lebih terlindungi bila memiliki kemampuan untuk melacak karyawan dan pengunjung yang memasuki area tersebut. Siapa pun yang tidak memiliki akses atau izin untuk memasuki fasilitas akan ditangkap oleh sistem pengenalan dan peringatan akan dikirim, dengan catatan bahwa penyusup telah terdeteksi."


Related Articles

CCTV Card image cap
News Card image cap
  andri  2 August 2019
 2 August 2019
News Card image cap
  denny  8 May 2019
 8 May 2019
© 2019 Indo Security System. All Rights Reserved.