Share

Salah satu pengembang teknologi biometrik asal Indonesia, PT Asli Rancangan Indonesia (Asli RI), semakin gencar menawarkan layanan biometrik kepada berbagai instansi. Fitur keamanan model baru ini dianggap bisa memastikan segala transaksi dalam bentu digital bisa tuntas dan aman bagi konsumen.

"Kami memang sedang berupaya menawarkan fitur teknologi ke para pengguna untuk mengurangi tindak kejahatan, terutama kejahatan ekonomi seperti penggelapan uang, penipuan, serta bisa mendeteksi identitas seseorang lewat teknologi tersebut," kata Chief Executive Officer Asli RI, Arief Dharmawan.

Ia juga menjelaskan, saat ini Asli RI sudah digunakan lebih dari 30 mitra bisnis lintas institusi. Seperti Kepolisian RI, Badan Narkotika Nasional (BNN), pihak perbankan dan lain sebagainya. Dengan teknologi biometrik yang dikembangkan sendiri, Asli RI memiliki fitur identifikasi sidik jari, wajah, suara, telapak tangan hingga kecocokan jejak kaki.

Baru-baru ini saja, Asli RI juga merilis fitur electronic know your costumer (E-KYC). Dengan fitur tersebut para pengguna bisa mengidentifikasi calon konsumen, bisa peminjam di perusahaan tekfin atau yang lainnya.

Arief mengatakan, fitur ini dikembangkan antaran pihaknya bermitra dengan BNN dan Polri untuk bisa memberikan data-data yang terlibat dalam kasus narkoba dan kejahatan lain.

Dengan E-KYC, nanti para pengguna bisa memberikan verifikasi. Apakah benar terlibat dalam kasus narkoba atau kriminal lainnya atau tidak. Nah, fitur ini juga bisa dipakai untuk mencari tenaga kerja dan yang lainnya. "Nanti bisa terbaca lewat aplikasi kami," tuturnya.

Walau tak merinci soal target bisnis dan target mitra yang ingin digapai di Indonesia. Yang pasti Arief ingin Asli RI bisa bermitra dengan lebih banyak lagi pihak seperti perbankan serta perusahaan tekfin dan yang lainnya.

Related Articles

News Card image cap
  denny  14 March 2016
 14 March 2016
News Card image cap
CCTV Card image cap
  denny  4 October 2018
 4 October 2018
© 2019 Indo Security System. All Rights Reserved.