09 Juli 2019 | Andri - Redaksi | News

Pilpres Tahun Ini, Afghanistan Anggarkan US$ 15 Juta untuk Pembelian 17.865 Perangkat Biometrik

Komisi Independent Electoral Commission (IEC) telah menyetujui pembelian perangkat biometrik untuk pemilihan presiden mendatang di negara tersebut. Dalam pertemuannya dengan National Procurement Commission (NPC) untuk membahas pendanaan ini, akhirnya disetujui penggunaan 17.865 perangkat biometrik, bersama dengan printer, kertas, dan power banks. Kedua instasi inipun menyebutkan pendanaan akan menelan biaya sekitar € 14,14 juta atau US$ 15,86 juta.

IEC mengatakan, pihaknya juga akan memperbaiki daftar pemilih di Afghanistan. Hal ini perlu dilakukan, karena ada dugaan penipuan dan kecurangan suara yang meluas terkait pemilihan nasional yang diadakan dengan perangkat biometrik DERMALOG pada Oktober lalu.

Ya, sebelumnya perangkat DERMALOG telah digunakan untuk pemilihan legislatif di Afghanistan, dan diperkirakan akan digunakan dalam pemilihan presiden, tetapi tidak jelas apakah perangkat tambahan juga akan dipasok oleh perusahaan ini.

"DERMALOG telah bekerja sama dengan kami, perusahaan telah memberikan pelatihan kepada kami, terutama bagi mereka yang akan bekerja sebagai pelatih kami dalam pemilihan," ujar Habib-Ur-Rahman Nang, anggota IEC.

IEC sebelumnya telah mengalokasikan US$ 30 juta untuk membeli perangkat verifikasi identitas biometrik, sementara ini masih dalam negosiasi dengan beberapa perusahaan. NPC sendiri percaya bahwa IEC membutuhkan sebanyak 39.000 perangkat untuk pemilihan pada 28 September 2019. NPC mengatakan pemerintah memasok 20.000 perangkat ke IEC untuk pemilihan parlemen sebelumnya.

Diketahui, DERMALOG telah memasok sekitar 24.000 perangkat ke IEC tahun lalu, namun sekitar 5.000 perangkat dinyatakan hilang atau dicuri. Tantangan ini dan lainnya mendorong IEC untuk memutuskan untuk tidak menggunakan biometrik untuk pemilihan presiden, yang segera diminta untuk dibatalkan oleh kandidat dari beberapa partai.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar