SUV CX90 Armoured, Mobil Pribadi Anti Peluru dari Volvo

Sebuah langkah besar telah dilakukan Volvo Cars dengan meluncurkan mobil lapis baja XC90 Armoured yang dijual untuk umum. Mobil lapis baja ini dibangun diatas model Volvo XC90 T6 AWD, yang menurut perusahaan hal ini disesuaikan dengan banyaknya permintaan yang masuk dan jenis SUV dinilai cocok untuk dirancang sebagai mobil lapis baja yang dapat memberikan perlindungan pribadi tingkat tinggi bagi penggunanya.

Perusahaan mobil asal Swedia ini memutuskan untuk menggarap mobil lapis baja karena melihat ada pasar global yang berkembang untuk kendaraan lapis baja saat ini, dan sejumlah besar diproduksi dengan berbagai perangkat perlindungan. Hal ini bukanlah sesuatu yang sulit bagi Volvo, karena telah memiliki pengalaman luas dalam menyediakan mobil polisi, mobil pemadam kebakaran, dan beragam kendaraan khusus lainnya yang memerlukan tingkat keamanan dan keselamatan yang tinggi. Jadi bukan hal yang baru bagi Volvo untuk menggarap mobil lapis baja, hanya saja ini berupa mobil pribadi.

Dalam penggarapan Volvo XC90 Armoured lapis bajai, Volvo melibatkan TRASCO Bremen GmbH, sebuah perusahaan spesialis perancang kendaraan berkualitas tinggi dengan peringkat perlindungan terbaik. Jadi, unit mobil yang sudah diproduksi di pabrik Torslanda, Swedia kemudian akan diboyong ke markas TRASCO di Jerman.

Direktur Pemasaran Volvo Cars, Stephan Green, menyebutkan produksi mobil ini diklasifikasikan dengan prosedur dan pengawasan yang ketat agar dapat memenuhi persyaratan balistik yang sudah ditentukan, hingga mencapai sertifikasi VPAM CR8. Berarti, mobil ini tak hanya anti peluru melainkan juga tahan terhadap serangan rudal balistik 360 derajat serta ledakan. Bahkan, dalam keadaan darurat penumpang belakang dapat keluar melalui bagasi belakang.  

"Volvo XC90 yang dibuat berlapis baja menjadikan mobil ini mengalami penambahan bobot menjadi sekitar 1.400 kg, karena dibuat dengan lapisan baja yang kuat setebal 10 mm dan pada kacanya memiliki ketebalan 50 mm. Untuk mengatasi berat yang berlebih, mobil ini kami lengkapi dengan suspensi yang lebih tinggi dan sistem pengereman baru," kata Green.

Bagi yang berminat untuk mendapatkan Volvo XC90 lapis baja ini sudah bisa memesannya mulai sekarang. Hanya saja pasar yang disasar Volvo untuk mobil ini terbatas di wilayah Amerika Latin dan Eropa saja. Salah satu negara yaitu Brasil disebut sangat berminat dengan kendaraan jenis ini. Sementara penjualan Volvo XC90 Armoured akan mulai pada awal 2020.

Leave a Comment


Send Comment