Share

Penggunaan kata sandi dianggap sudah tidak lagi ideal digunakan dalam proses otentikasi, karenanya Hitachi mulai memperkenalkan teknologi otentikasi gerakan tangan yang didasarkan pada pengenalan pola pembuluh darah di jari. Jadi dengan hanya mengangkat tangan, maka komputer akan mengenali biometrik dari pembuluh darah pada jari seseorang.

Menurut General Manager Hitachi Security Business Group (EMEA and NA), Ravi Ahluwalia, dengan tidak menggunakan entri kata sandi akan melindungi pengguna dan bisnis dari serangan siber. Dinilainya selama ini pengguna sering menggunakan kembali kata sandi yang sama untuk berbagai akun sehingga sangat berisiko untuk diretas. Karenanya penting baginya untuk memperkenalkan teknologi biometrik memindai pola pembuluh darah di jari yang diklaimnya memberikan tingkat keamanan ekstra yang secara signifikan akan sulit untuk dipalsukan dibandingkan metode lainnya seperti PIN, sidik jari ataupun pengenalan wajah.

"Teknologi vena jari ini sudah lolos pengujian Presentation Attack Detection sehingga berhak bersertifikat ISO/IEC 30107-3. Inipun sudah diuji di Jepang pada ATM sejak 1997, dan akan dinilai lebih lanjut oleh pelanggan hingga akhir tahun," ujar  Ahluwalia.

Dirinya pun menjelaskan, teknologi ini dapat bekerja dengan kamera apapun dengan resolusi 720p atau lebih tinggi yang tersedia pada laptop, webcam, atau smartphone. Templat pembuluh darah jari disimpan dengan enkripsi AES-256 dan faktor-faktor lainnya.

Dan rencananya, perangkat lunak ini akan tersedia di pasar pada tahun 2020. Untuk itu, Hitachi sudah mulai melakukan kemitraan dengan berbagai distributor, salah satunya bermitra dengan distributor keamanan IT Alpha Generation Distribution untuk menghadirkan teknologi finger vein ke pasar Inggris.

#Businness  #Article

Related Articles

CCTV Card image cap
  denny  27 December 2016
 27 December 2016
News Card image cap
  andri  22 August 2019
 22 August 2019
News Card image cap
  denny  23 August 2019
 23 August 2019
© 2019 Indo Security System. All Rights Reserved.