12 September 2019 | Andri - Redaksi | News

HENSOLDT Perkenalkan Sistem Vision SETAS untuk Visibilitas Kendaraan Tempur Lapis Baja

Penyedia solusi sensor untuk industri pertahanan, HENSOLDT, mengumumkan keberhasilannya dalam melakukan pemasangan dan pengoperasian awal sistem electro-optical vision SETAS (See-through Armor System) yang baru dikembangkannya untuk dipasangkan dengan Unit Uji Coba dan Pengembangan Kendaran Lapis Baja (ATDU) Angkatan Darat Inggris di Bovington. Kegiatan ini untuk meng-capture, memahami dan meminimalkan timbulnya permasalahan dalam operasi.

Dikenakan pada Kendaraan Tempur Infanteri, SETAS menunjukkan kemampuannya dalam memberikan kesadaran situasional penuh sepanjang hari kepada prajurit atau awak kendaraan saat melakukan operasi. Dikatakan Direktur Pelaksana HENSOLDT Optronics, Andreas Hülle, SETAS memberikan visibilitas yang luar biasa pada awak kendaraan lapis baja dalam operasi pengamanan. "Pengguna dapat tetap aman di dalam kendaraan dengan tingkat kesadaran situasional yang tinggi terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga dapat mengambil keputusan dengan cepat dalam melakukan pertahanan," ujar Hülle.

Sistem SETAS ini mengintegrasikan dua jenis sensor yang powerful, yaitu 1 atau 2 kamera visual beresolusi sangat tinggi dan dua modul thermal imager (UCM) tanpa pendingin. Sensor visual mampu mengenali pejalan kaki pada jarak sekitar 300 meter. Kemampuan pengamatan ini dapat ditingkatkan dengan mengintegrasikan sensor lain, seperti sensor deteksi sniper akustik, sistem laser warner dan kamera hemispherical untuk melindungi area di atas kendaraan.

Dalam demonstrasi perangkat ini, SETAS terlihat dipasang di bagian atas kendaran lapis baja. Dibekali perangkat lunak Algoritma yang cerdas, membuatnya dapat secara otomatis memperingatkan kru jika gerakan yang berpotensi mengancam terdeteksi dalam radius 360° di sekitar kendaraan. SETAS juga memberikan kemudahan pemasangan untuk sistem yang berdiri sendiri. Keuntungan lainnya yang diberikan adalah sistem dapat menampilkan data eksternal kepada setiap anggota kru secara terpisah jika terhubung ke jaringan kendaraan atau Sistem Manajemen Pertempuran

Rencananya, sistem ini akan mulai tersedia di pasar pada awal tahun 2020. Untuk pengenalan awal, SETAS sedang dipamerkan di DSEi International Defense & Security Equipment London, di stan HENSOLDT No. S3-200. Sementara, kendaraan lapis baja Eagle 6x6 menempati stan General Dynamics, No. S9-200.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar