Amazon Perkenalkan Protokol Nirkabel Baru "Sidewalk" untuk Smart Home

Perusahaan raksasa e-commerce, Amazon, menganggap Bluetooth dan Wi-fi yang selama ini digunakan pada aplikasi smart home tidaklah memberikan jangkauan koneksi yang cukup, sementara 5G mengkonsumsi daya yang berlebihan dan terlalu rumit.

Berdasarkan hal tersebut, perusahaan yang berbasis di Seattle ini memutuskan untuk membuat protokol sendiri bernama Sidewalk, sebagai jaringan bandwidth rendah yang menggunakan spektrum 900 MHz over-the-air gratis. Spektrum ini disebutnya dapat menghubungkan perangkat smart home dengan terminal secara nirkabel hingga jarak satu mil atau sekitar 1,6 km. Biasanya jaringan 900 MHz ini sebagian besar digunakan oleh radio untuk layanan darurat dan pager digital yang digunakan dokter.

"Menggunakan spektrum 900 MHz sebagai protokol nirkabel baru yang kami kembangkan saat ini meningkatkan jangkauan koneksi perangkat smart home hingga satu kilometer lebih, sehingga pelanggan kami dapat menempatkan perangkat smart home di mana saja di rumah mereka, bahkan di area dead spot di mana Wi-Fi dan Bluetooth tidak dapat menjangkaunya," kata perusahaan.

Meski Amazon Sidewalk sudah mulai diperkenalkan tetapi biaya yang perlu dikeluarkan untuk mengaplikasikan protokol ini belum dipaparkan secara rinci, bahkan untuk ketersediannya juga belum dipastikan. Namun demikian, Amazon menyebutkan Smart Lighting Bridges yang dibuat Ring (anak perusahaan Amazon) telah menggunakan protokol baru Sidewalk untuk memperluas jangkauan koneksi perangkat smart lighting. Perusahaan ini juga berencana untuk memasukkan generasi terbaru dari Ring Floodlight Camera dan Ring Spotlight Camera untuk mendukung Amazon Sidewalk.

 

 

Leave a Comment


Send Comment