Share

Toko ritel fisik sekarang ini ditekankan harus dapat bersaing dengan pesaing kuatnya penjual online.  Untuk melakukan ini, toko ritel perlu tahu lebih banyak tentang pelanggannya sehingga dapat meningkatkan pengalaman pelanggan secara keseluruhan. Dalam hal ini, mereka dapat menggunakan berbagai teknologi pintar di bawah skema AIoT (AI dan IoT).

Tak perlu dikatakan, ritel online telah menjadi kekuatan yang harus diperhitungkan. Kehadirannya telah membuat toko fisik atau pedagang tradisonal dihadapkan pada kebutuhan yang lebih kuat untuk bersaing dan mempertahankan pelanggan.
 
Salah satu senjata kuat yang dimiliki ritel online dibandingkan toko fisik adalah data pelanggan yang kaya dan komprehensif yang mereka peroleh selama pelanggan berbelanja online. Hal ini memungkinkan ritel online untuk mengetahui lebih banyak tentang pelanggan dan merekomendasikan produk masa depan yang memenuhi kebutuhan atau preferensi spesifik pelanggannya.

Kini, hal yang sama juga bisa dilakukan toko ritel. Berkat teknologi AIoT seperti kamera, sensor, dan perangkat lunak yang menggabungkan keduanya, membuat toko ritel mempunyai efektivitas yang sama dalam mempelajari pola dan perilaku pelanggan. Berikut ini, secara ringkas dijabarkan bagaimana teknologi pintar dapat membantu ritel dan pemilik toko.

Analitik kamera dan video

Selama ini video surveillance yang terdiri dari kamera dan analitik telah digunakan untuk tujuan keamanan di toko. Misalnya, sistem dapat mengetahui apakah sosok yang masuk daftar hitam atau mencurigakan telah masuk ke toko. Hal ini juga dapat mendeteksi perilaku mencurigakan untuk membantu mencegah pencurian ritel, baik itu yang dilakukan oleh karyawan yang tidak jujur atau pencuri yang terorganisir.

Namun, sekarang ini banyak video surveillance yang digunakan tidak hanya untuk aplikasi keamanan tetapi juga digunakan untuk memberikan lebih banyak informasi dan wawasan kepada ritel. Dengan video analytics berbasis AI, ritel dapat mengetahui apakah toko dikunjungi oleh lebih banyak pria atau wanita, berapa usia rata-rata pengunjung, berapa lama mereka mengunjungi toko dan apakah mereka mengambil produk dari rak dan benar-benar membelinya, atau menaruhnya kembali ke rak. Video yang terintegrasi dengan sistem point-of-sale (POS) dapat lebih jauh menghubungkan kehadiran pengunjung dengan jumlah pembelian yang dilakukan.
 
Lokasi pelanggan
 
Keberadaan pelanggan di toko, seperti area atau lorong mana yang mereka kunjungi, dapat diukur dengan berbagai sensor. Baik itu sensor tekanan lantai hingga sensor deteksi gerak maupun perangkat pintar yang didukung BLE atau Wi-Fi. "Teknologi Wi-Fi telah memperkenalkan fine time measurement (FTM) untuk mendapatkan pengukuran lokasi yang lebih akurat. Saat ini, dimungkinkan untuk mengetahui lokasi secara akurat dengan tingkat kedekatan decimeter (20 cm) dari perangkat pengguna. Bila mana, access point Wi-Fi generasi sebelumnya menggunakan BLE atau antena array yang membuatnya mahal untuk penyebaran padat, sekarang metode baru ini dapat digunakan dengan perangkat lunak yang berjalan pada aplikasi Wi-Fi standar," kata postingan blog baru-baru ini oleh Gyrus.
 
Integrasi
 
Menurut postingan, solusi yang menggabungkan video, lokasi pelanggan dan POS dapat membawa wawasan berharga kepada ritel termasuk waktu yang dihabiskan per lorong, rasio konversi, rasio kehilangan bisnis, daya jual barang dagangan, efektivitas penempatan produk, efektivitas diskon dan efektivitas loyalitas program.
 
“Toko online mengembangkan model dan profil pembeli yang kaya untuk menargetkan iklan dan menyediakan barang dagangan khusus untuk memikat mereka agar membeli. Toko offline dapat memiliki informasi serupa dan dapat melakukan penargetan yang lebih baik dengan teknologi baru," kata posting itu. "Secara cerdas menggabungkan Wi-Fi sensing, sistem POS dengan kamera tepat di pintu masuk dan keluar, dapat membawa intelligence ke toko offline yang setara dengan toko online."

Related Articles

News Card image cap
  denny  21 November 2019
 21 November 2019
CCTV Card image cap
  andri  16 January 2019
 16 January 2019
© 2019 Indo Security System. All Rights Reserved.