Share

Jepang dikenal sebagai negara yang cukup sering menggunakan vending machine (mesin penjual otomatis) dengan menawarkan beragam produk. Vending machine memang cukup mudah penggunaanya, hanya tinggal memasukkan uang kertas atau koin ke sebuah slot dan menekan barang yang diinginkan, mesin lalu otomatis mengeluarkannya dari etalase.

Namun kini vending machine di Jepang sudah mendapat sentuhan teknologi canggih. Adalah buah dari kerjasama dari produsen mesin penjual otomatis lokal Dydo, dengan raksasa teknologi NEC yang melahirkan mesin penjual otomatis dengan sistem pengenalan wajah Bio-IDiom NEC.

Cara kerjanya adalah memindai wajah pembeli, maka dia akan bisa melakukan pembayaran tanpa tunai. Namun sebelumnya pelanggan diminta mendaftarkan akun dengan mengirimkan foto dan menautkan kartu kredit sehingga vending machine dapat mengenali wajah. Mesin kemudian secara otomatis membebani tagihan ke kartu kredit pengguna sesudah melakukan pembelian produk yang diinginkan.

Hal ini sangat berguna jika Anda tidak memiliki uang tunai dan menginginkan cara pembayaran yang berpotensi lebih cepat. Perlu dicatat, beberapa mesin penjual otomatis di Jepang sudah menawarkan metode pembayaran alternatif seperti menggunakan kereta.

Cara ini digunakan untuk mencegah kemungkinan orang-orang tak bertanggung jawab menyalahgunakan foto pelanggan untuk keuntungan mereka, karena harus memasukan empat digit sebagai kata sandi.

Meski menggunakan pengenalan wajah, bukan berarti metode canggih ini luput dari ancaman keamanan. Peretas akan lebih mudah melakukan pelacakan, terlebih dia tahu lokasi vending machine mana saja yang sudah dikunjungi.

Saat ini mesin penjual otomatis dengan sistem pengenalan wajah di Jepang sudah digunakan sejak 3 Juli 2020 di beberapa kantor dan pabrik DyDo dan NEC untuk uji coba selama tiga bulan.

#Businness  #Article

Related Articles

CCTV Card image cap
  denny  4 October 2018
 4 October 2018
News Card image cap
  denny  3 July 2018
 3 July 2018
Access Control Card image cap
  andri  20 January 2020
 20 January 2020
© 2019 Indo Security System. All Rights Reserved.