15 Oktober 2016 | Reza - Redaksi | PACO

Nokia Garap Jaringan Komunikasi dan PA System LRT Kelana Jaya

Foto : Logo Perusahaan Nokia

Nokia, perusahaan Finlandia yang sudah lama malang melintang di bisnis telekomunikasi, menggandeng CMC Engineeing dalam menyediakan jaringan komunikasi canggih untuk mendukung operasi kereta api dan layanan penumpang Light Rail System (LRT Kelana Jaya) di Kota Kuala Lumpur Malaysia.

Adapun peran Nokia dalam proyek ini adalah menyediakan jaringan transmisi melalui Nokia’s optical networking technology. Selain itu, Nokia juga menyediakan layanan sistem integrasi untuk membantu meningkatkan keselamatan dan keamanan melalui remote diagnostik dan fungsi otomatis, serta kesadaran situasi secara terus-menerus dengan video surveillance.

Tidak sampai di situ, Nokia juga memenuhi layanan lain seperti; kontrol pengawasan dan akuisisi data (SCADA); sistem pemantauan; layanan telepon dan radio komunikasi; koleksi tarif otomatis (AFC); sistem Public Address dan sistem informasi penumpang.

"Jaringan transmisi data dikerahkan sebagai bagian dari Kelana Jaya LRT Jalur Ekstensi akan mendukung berbagai layanan operasional dan menyediakan berbagai layanan baru untuk penumpang di Kuala Lumpur," tutur Stuart Hendry, Head of Nokia Asia Pacific Global Enterprise & Public Sector.

Semantara itu, CEO CMC Engineering, Hazwan Alif Abdul Rahman menambahkan kerja sama ini diadakan dalam rangka menyediakan berbagai layanan untuk jalur ekstensi Kelana Jaya Light Rail Transit (LRT), termasuk 13 stasiun baru, lebih dari 46.8km dan melayani 350.000 penumpang setiap hari. Dia menuturkan peran teknologi Nokia dalam proyek ini sangat dibutuhkan, terkait mendukung kecepatan jaringan komunikasi, data dan video lalu lintas, serta menyediakan informasi penting bagi penumpang sekaligus meningkatkan pemeliharaan dan operasi.

"Kelana Jaya LRT Jalur Ekstensi merupakan inisiatif pemerintah yang penting untuk memberikan sistem transportasi publik yang efektif untuk daerah Greater Kuala Lumpur. Bersama dengan mitra teknologi kami Nokia, dan melalui proyek ini akan kami buktkan kemampuan kami menjaga standar kualitas tinggi dan layanan bagi para stakeholder, mitra dan pelanggan," ceplosnya.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar