08 Desember 2016 | Denny - Redaksi | PACO

Sekarang Eranya Public Address Beralih ke IP

Ilustrasi sistem public address

Ketika berbicara tentang sistem keamanan, orang mungkin hanya fokus ke video pengawasan atau akses kontrol saja. Namun, video hanya memberi tahu kondisi lewat gambar. Bila terjadi keadaan genting, tak cukup hanya mengandalkan kamera CCTV saja, namun haruslah didukung sistem public address (PA) dan interkom ke dalam sistem keamanan.

"Keberadaan sistem PA memang sering terlupakan. Namun bila ada situasi gawat dimana sedang ada banyak orang, pemberitahuan situasi melalui public address dan interkom mutlak diperlukan," ungkap Commercial Product Manager for Building Security and Public Safety Zenitel, Piet De Vriendt.

Selama ini, jamak ditemui sistem PA dan interkom berbasis analog. Namun demi kemajuan teknologi sistem keamanan yang beralih ke IP, mau tak mau saat ini sistem PA sudah ikut bermigrasi dari analog ke IP.

"Sistem PA dan interkom analog memiliki keterbatasan. Kemampuannya untuk berintegrasi dengan perangkat keamanan lain juga sangat buruk. Namun dengan sistem PA berbasis IP, perangkat lain dapat dengan mudah terhubung," kata Vice President BXB Electronics, Jerry Hung.

Jika seluruh perangkat IP tersebut sudah terintegrasi satu sama lain, maka operator keamanan dapat dengan mudah menginstruksikan orang untuk segera mengambil tindakan tertentu.

Keuntungan lainnya, PA dengan basis IP dapat didukung oleh PoE untuk menghemat biaya perkabelan. "PA dan interkom berbasis IP adalah sebuah masa depan bagi perkembangan teknologi. Dengan menggunakan PoE, jaringan dan kabel bisa dibentangkan dengan gedung terdekat daripada menyambungkannya ke line telepon biasa," bilang General Sales Manager Aiphone, Bruce Czerwinski.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar