16 Mei 2017 | Sawitri Kusuma - Markom Bosch | PACO

Pentingnya miliki sistem proteksi kebakaran yang bersertifikat EN-54

Sistem alarm kebakaran dan evakuasi suara yang terpercaya sangat penting untuk keamanan dan keselamatan

Keselamatan dan keamanan adalah sebuah hal mutlak untuk diperhatikan karena menyangkut nyawa manusia. Oleh karena itu, pemilik bangunan atau gedung harus benar-benar memperhatikan keamanan dan keselamatan konsumen, dalam hal ini tenant dan pengunjung. Berbagai macam perangkat sistem elektronik keamanan tersedia agar dapat melindungi manusia serta aset-aset dari ancaman yang membahayakan, seperti misalnya bencana alam, perampokan, atau kebakaran.

Fire alarm, atau alarm kebakaran, adalah salah satu perangkat wajib yang harus dimiliki gedung sebagai proteksi dari bahaya kebakaran. Tentu saja kita tidak bisa asal dalam memilih alarm, kita harus teliti dalam memastikan bahwa alat tersebut dapat berfungsi dengan efektif, terpercaya, dan menuruti standar legislasi yang berlaku.

EN 54 adalah struktur standarisasi dari Eropa yang mengatur tentang piranti proteksi kebakaran, dalam hal ini alarm kebakaran (fire alarm) dan sistem evakuasi suara (voice evacuation). Sejumlah seleksi ketat berupa tes laboratorium serta pemenuhan ketentuan produksi harus sukses dilalui agar bisa memperoleh sertifikasi EN 54 ini. Contoh-contoh tes untuk mendapatkan sertifikasi EN 54 antara lain:

·        Pengujian fisik produk

·        Tes fungsi pada lingkungan ekstrim, dengan derajat suhu, kelembaban, dan kadar air yang ditentukan

·        Pengujian manufaktur – ini adalah tes tahunan untuk menilai keseluruhan proses produksi di pabrik

Penting halnya untuk memastikan produk pilihan kita bersertifikat, karena produk yang telah lulus seleksi artinya terjamin kualitas dan daya tahannya untuk menjalankan tugasnya pada kondisi apapun. Namun demikian, karena derajat komplikasi persyaratannya, tak semua produk sistem alarm kebakaran bersertifikat EN 54.

Kebutuhan akan sistem berstandar EN 54 sudah marak beredar di Eropa, dan kini tak butuh hitungan tahun untuk Indonesia condong ke tren tersebut juga.

PAVIRO adalah sistem Public Address dan Voice Evacuation keluaran BOSCH yang dapat diintegrasikan langsung dengan alarm kebakaran. Sebagai produsen piranti keamanan terkemuka di dunia, BOSCH tak tanggung-tanggung dalam hal kualitas produk untuk konsumennya. Keseluruhan sistem PAVIRO bergelar EN54-16 EVAC Certified Emergency Voice Alarm hingga ke tiap-tiap komponennya yang meliputi speaker, amplifier, call station, bahkan rak nya. Hal ini menunjukkan bahwa BOSCH selalu menomorsatukan keamanan konsumen dengan menawarkan hanya produk yang terbaik, andal, terpercaya, terjamin kualitasnya, dan senantiasa siap untuk melindungi Anda.

 

 



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar